LSP HAKE Gandeng B2TKE Jadi Tempat Uji Kompetensi

HAKE Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Himpunan Ahli Konservasi Energi (HAKE) menggandeng Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE)-BPPT sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK) untuk sertifikasi profesi Auditor Energi.
Hal ini disampaikan oleh Direktur LSP HAKE, Parlindungan Marpaung pada kunjungan HAKE ke B2TKE. Dalam kesempatan tersebut, Parlindungan menyampaikan bahwa B2TKE akan ditunjuk oleh HAKE sebagai TUK AuditorEnergi dengan metoda praktek pengukuran dan pengamatan parameter operasi peralatan. “Untuk itu, B2TKE harus memenuhi persyaratan teknis dan manajemen yang ditetapkan”, ujar Parlindungan.

Didampingi oleh Kepala Bidang Konversi Energi B2TKE, Hariyanto, tim HAKE juga meninjau fasilitas B2TKE yang akan digunakan sebagai TUK, baik peralatan maupun ruang ujian beserta kelengkapan perangkatnya.
Sebagai tindaklanjut dari kunjungan ini, pada akhir Oktober HAKE akan mulai mengirimkan peserta pelatihan untuk melakukan uji kompetensi di B2TKE.
Selain menjadi mitra HAKE sebagai TUK Auditor Energi, dengan tim bersertifikat Auditor Energi, B2TKE mempunyai kompetensi melakukan audit energi pada bangunan/gedung komersial, kantor Pemerintahan juga industri.

Komitmen B2TKE dalam upaya melakukan konservasi energi juga dilakukan dengan menerapkan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Energi (SIME) sebagai perangkat untuk memonitor pemanfaatan energi sekaligus melakukan rekayasa-rekayasa untuk melakukan pemanfaatan energi, juga menerapkan sistem smart lighting pada gedung B2TKE.

(layanan)

spacer

Leave a reply