Smart Grid

Clear Energy for a Brighter Future

BPPT-Pemda Sumba Barat Daya-PLN dan Kyudenko Corp. Jepang lakukan Peresmian Smart Energy Management System pada Demo Plant PLTS 500 kWp di Billa Cenge, Sumba Barat Daya

Peresmian Smart Energy Management System dihadiri oleh pimpinan , Wakil Bupati Sumba Barat Daya, Manager Area PLN Sumba, Kyudenko Corp, Ministry of Environment dan Kedutaan Besar Jepang.

Implementasi Smart Grid akan memberi keuntungan yang lebih besar karena jumlah pembangkit terbarukan dan unit penyimpan yang terdistribusi dan terintegrasi meningkat, efisiensi meningkat, biaya operasional menurun, keandalan meningkat dan emisi CO2 menurun.

Smart grid ini adalah pilot percontohan yang mengintegrasikan energi surya, mikro hidro, dan pembangkit diesel yang dimaksudkan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar diesel yang banyak digunakan di daerah terpencil seperti Sumba.

Manfaat Teknologi Smartgrid:

  1. Meningkatkan keandalan, kualitas dan efisiensi operasi tenaga listrik
  2. Mempercepat penetrasi energi terbarukan ke dalam jaringan besar sistem tenaga listrik
  3. Promosi teknologi baru
  4. Mengantisipasi era kendaraan listrik
  5. Meningkatkan daya saing dan kemandirian bangsa

Diharapkan peresmian  ini akan menjadi rujukan baik dari segi teknologi maupun dari segi keekonomiannya termasuk rujukan untuk membuat smart grid jual-beli listrik di perkotaan. Peresmian plant smart microgrid Sumba berada di Desa Billa Cenge, Sumba Barat Daya yang mengintegrasikan pembangkit surya berkapasitas 500 kWp ke dalam sistem jaringan 20kV milik PLN.

 

(lanjastek)

spacer

Leave a reply