Penerapan Aplikasi Smart Grid 10kW Dengan Menggunakan Konsep Smart City Dengan Smart Management Energy System (SEMS) Pada Gedung Klaster Energi 625, PUSPIPTEK Serpong Tangerang Selatan

Penerapan aplikasi Smart Grid 10kW dengan menggunakan konsep Smart City dengan Smart Management Energy System (SEMS) pada Gedung Klaster Energi 625, merujuk pada RPJMN, B2TKE memiliki kewajiban untuk melaksanakan kegiatan yang berbasis penerapan terhadap energi baru terbarukan yang menjadi dasar pelaksanaan kegiatan ini.

Metode operasi baru smart micro grid dilakukan dengan teknologi Energy Management System (EMS) seperti yang telah diterapkan pada PV Rooftop yang ada di gedung 625, metode ini memiliki keunggulan dibandingkan dengan yang lain yaitu

  1. Konsep kota cerdas atau smart city mengetengahkan sebuah tatanan kota yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi secara cepat dan tepat.
  2. Sebagai bagian dari kota cerdas, jaringan cerdas merupakan suatu konsep tata kelola energi listrik yang mampu mengakomodir komunikasi, respon permintaan, keamanan, jaringan mikro, dan integrasi elemen jaringan baru seperti sumber energi terbarukan.
  3. Semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat modern akan listrik, dimanapun, kapan pun dengan kualitas terbaik akan menjadikan pembangunan jaringan cerdas suatu keniscayaan. Kecanggihan dalam teknologi informasi dan komunikasi telah memungkinkan sistem kelistrikan dapat tersedia sesuai keinginan pengguna.
  4. Pengkajian dan perekayasaan jaringan cerdas untuk mendukung kota cerdas dilaksanakan dengan melakukan perekayasaan beberapa fitur penerapan jaringan cerdas yang dimodelkan pada gedung energi dan beberapa gedung lainnya di Kawasan PUSPIPTEK Serpong. Fitur-fitur tersebut adalah: Variasi harga (dynamic pricing), penurunan losses, manajemen distribusi atau kehandalan sistem, respon permintaan (demand response), pembangkit terdistribusi atau distributed generation (storage system), pembangkit terdistribusi atau distributed generation (PV Micro Grid), PV Grid connected, smart street lighting, PQ tools (DVR, smart meter), PQ tools (harmonic, keseimbangan beban, faktor daya), mobil listrik (electric vehicle), dan SCADA sistem.
  5. Pada tahap pertama pengembangan jaringan cerdas, dilakukan implementasi smart micro grid dengan sumber PV 10 kWp dengan pemasangan secara rooftop, respon permintaan dan dynamic pricing.
  6. Desain awal SCADA untuk mendukung implementasi smart grid for smart city di Kawasan PUPIPTEK Serpong juga telah diberikan pada kegiatan ini.Pic.1. PV Rooftop Gedung Klaster Energi 625

Kegiatan ini akan terus kami kembangkan hingga 100kW, sesuai dengan kebijakan pemerintah di tahun2 mendatang

(Layanan Jasa, 2018)

spacer

Leave a reply