Survei Kajian PLTS Township Tanjung Enim PT BEI

I.                MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk melaksanakan Studi Kelayakan PLTS di Township Tanah Putih dengan memastikan kelayakan pembangunan PLTS dalam rangka peran serta aktif perusahaan dalam mendukung program pemerintah dalam peningkatan penggunanan energi terbarukan.
II.            RUANG LINGKUP
Ruang lingkup pekerjaan ini meliputi:
  1. Melaksanakan survey yang terdiri dari:
    1. Pengumpulan data-data teknis sumber dan jaringan listrik PLTU 3 x 10 MW Tanjung Enim dan atau sistem PLN.
    2. Pengumpulan data luasan area atap yang bisa dipasangi PLTS, serta orientasi arah atap dan ada tidaknya potensi bayangan disekitar area yang akan dipasang PLTS.
    3. Memeriksa kualitas dan kekuatan struktur bangunan
    4. Mengumpulkan data radiasi matahari untuk menghitung besarnya potensi energi surya di lokasi perumahan
  2. Melaksanakan evaluasi dan analisis hasil survei lapangan dalam rangka rencana pemasangan sistem PLTS on-grid di perumahan township
  3. Melakukan basic desain sistem PLTS on-grid, yang terdiri dari:
    1. Sistem kelistrikan,
    2. Kapasitas sistem PLTS rooftop meliputi sizing dan pemilihan komponen utama
    3. Sistem pemasangan PLTS rooftop misalnya struktur penyangga modul surya.
  4. Melakukan perhitungan aliran daya system PLTS on-grid yang terintegrasi dengan sistem PLTU Tanjung Enim 3 x 10 MW dan atau system PLN.
  5. Menghitung kelayakan PLTS, nilai investasi, tarif listrik yang dikaitkan juga dengan aliran daya sistem PLTS yang terintegrasi dgn PLTU Tanjung Enim 3×10 MW dan atau PLN.
  6. Memberikan rekomendasi rancangan sistem PLTS bagi pengambil keputusan, pada laporan akhir studi kelayakan
III.         PENDEKATAN METODOLOGI DAN TAHAPAN PELAKSANAAN
Pelaksanaan kegiatan dimulai dari persiapan yang mencakup, penyusunan proposal, penentuan kebutuhan tenaga ahli, pembuatan form survey tentang kondisi bangunan dan kelistrikan serta dilakukan survey lokasi untuk penempatan sistem PLTS rooftop. Selanjutnya dengan data-data hasil survai dievaluasi dan dianalisis untuk mendukung rencana pemasangan sistem PLTS rooftop di township Tanah Putih.
Kemudian dibuat basic design sistem PLTS di Township Tanah Putih dilengkapi dengan perkiraan harga investasi dan harga listrik setiap kWh nya.
Gambar  3. Diagram Alir Pekerjaan
Pada kegiatan ini dibutuhkan tenaga professional, yang mempunyai pengalaman pada bidang energi terbarukan minimal 5 tahun serta pernah melakukan Studi Kelayakan sistem PLTS.
IV.          PELAKSANA KEGIATAN
Untuk melaksanakan kegiatan ini diperlukan tenaga-tenaga ahli profesional yang berpengalaman minimal 5 tahun pada bidang energi terbarukan khususnya teknologi sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang mempunyai latar belakang studi yang menunjang, sebagaimana tercantum pada Daftar Riwayat Hidup terlampir.
Adapun struktur pelaksana kegiatan ini adalah sebagai berikut :

Gambar  4. Struktur Pelaksana Kegiatan
V.             JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN
Jadwal waktu penyelesaian Pekerjaan Konsultasi Studi Kelayakan PLTS Rooftop Township Tanah Putih selama 60 (enam puluh) hari kalender terhitung sejak dikeluarkannya Kontrak Pelaksanaan Pekerjaan. Rincian jadwal kegiatan dapat dilihat pada Tabel berikut ini.
Tabel 1. Jadwal Pelaksanaan Kegiatan
NO
KEGIATAN
Minggu
1
2
3
4
5
6
7
8
1
Menyusun proposal
 
 
 
 
 
 
 
 
2
Mendiskusikan format untuk kebutuhan survey
 
 
 
 
 
 
 
 
3
Melaksanakan survey lokasi
 
 
 
 
 
 
 
 
4
Membuat Laporan pendahuluan
 
 
 
 
 
 
 
 
5
Mengevaluasi dan Menentukan sistem PLTS  yang akan dipasang
 
 
 
 
 
 
 
 
6
Pemilihan masing-masing komponen pada sistem yang akan dirancang
 
 
 
 
 
 
 
 
7
Merancang sistem PLTS rooftop
 
 
 
 
 
 
 
 
8
Membuat laporan kemajuan (intermediate)
 
 
 
 
 
 
 
 
9
Pembuatan gambar teknis sistem PLTS rooftop, masing-masing lokasi
 
 
 
 
 
 
 
 
10
Menghitung biaya investasi dan perkiraan harga listrik yang dihasilkan
 
 
 
 
 
 
 
 
11
Penyusunan Laporan Akhir
 
 
 
 
 
 
 
 
VI.          SISTEM PELAPORAN, PRESENTASI, DISKUSI & KONSULTANSI
  1. B2TKE akan menyampaikan laporan kepada Pihak PT Bukit Energi Investama berupa Laporan Pendahuluan (intermediate report) dan Laporan Akhir (final report). Laporan Akhir disampaikan dalam bentuk softcopy (di dalam USB Flashdisk) dan hardcopy sebanyak 3 eksemplar;
  2. Presentasi, diskusi dan konsultasi akan dilakukan setelah menyelesaikan tahapan pekerjaan dan pelaporan yang disepakati, dengan tujuan untuk mendapatkan tanggapan, masukan, koreksi, dan persetujuan;
  3. Presentasi dan diskusi yang dilaksanakan meliputi presentasi Laporan Pendahuluan dan Draft Laporan Akhir;
  4. Jadwal, waktu dan tempat penyelenggaraan presentasi dan diskusi akan ditentukan sesuai kesepakatan bersama.
VII.          HASIL SURVEI
  1. Mendapatkan data-data yang dibutuhkan

 

#lanjastek

spacer

Leave a reply