Rapat Koordinasi Kegiatan Jasa Konsultansi Kelayakan PLTS Rooftop Township Tanah Putih – Tanjung Enim

Kegiatan Jasa Konsultansi Kelayakan PLTS Rooftop Township Tanah Putih – Tanjung Enim akan segera berakhir di bulan Juli, oleh sebab itu team B2TKE tanggal 22 dan 25 Juni 2018 melakukan rapat koordinasi untuk pelaporan akhir.

                        

Dari hasil pengolahan data hasil survei sementara, didapatkan bahwa sistem PLTS roof top di Township Tanah Putih Tanjung Enim, mempunyai potensi kapasitas sebesar kurang lebih 4.5 MWp menurut perhitungan luasan atap seluruh rumah/bangunan. Dengan kondisi radiasi di lokasi township tanah putih tanjung enim yang diambil dari satelit Meteonom 7.1, dan menurut perhitungan kapasitas daya berdasarkan luasan atap yaitu 4368,74 kWp, dengan asumsi specific produksi energy listrik 1300 kWh/kWp setiap tahunnya maka PLTS rooftop di township tanah putih diperkirakan akan mendapatkan energikurang lebih lebih dari 5700 MWh setiap tahunnya.

Tahap selanjutnya dari sisi kelistrikan adalah sebagai berikut:

  1. Menentukan Kapasitas PLTS yang optimal pada setiap rumah berdasarkan potensi yang telah diidentifikasi.
  2. Melakukan simulasi aliran daya, dengan perangkat lunak ETAP berdasarkan kapasitas PLTS optimal yang telah ditentukan sebelumnya.
  3. Studi aliran daya akan dilakukan dengan 2 skenario:
    • Aliran daya pada malam hari, dengan asumsi tidak ada energi dari PLTS.
    • Aliran daya pada siang hari, dengan asumsi PLTS menghasilkan daya maksimum.
  4. Studi hubung singkat pada panel-panel utama.
  5. Analisis transien saat terjadi gangguan pada sistem.

Kemudian akan dilakukan perhitungan energi listrik yang akan dihasilkan oleh seluruh rumah/bangunan yang ada di Township Tanah Putih, desain penyangga modul surya untuk masing-masing jenis rumah/bangunan, detil engineering sistem PLTS roof top, serta sistem interkoneksi kelistrikan PLTS roof top dengan jala-jala /grid.

 

#lanjastek

spacer

Leave a reply