Dikunjungi oleh GBCI, B2TKE Tunjukkan Aplikasi SIME

Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE) terima kunjungan tim Green Building Council Indonesia (GBCI). Diterima langsung oleh Kepala B2TKE, MM Sarinanto dan perwakilan Bidang Konversi Energi, tim GBCI yang dipimpin oleh Widjojo Hardjoprakoso bermaksud menghubungkan antara Pemerintah dengan sektor swasta untuk menerapkan konsep green building di Indonesia

Didirikan pada tahun 2009 oleh para profesional di sektor perancangan dan konstruksi bangunan gedung yang memiliki kepedulian kepada penerapan konsep bangunan hijau, GBCI bertujuan untuk melakukan transformasi pasar serta diseminasi kepada masyarakat dan pelaku bangunan untuk menerapkan prinsip-prinsip bangunan hijau, khususnya di sektor industri bangunan gedung di Indonesia.

“GBCI merupakan lembaga non government yang berkomitmen terhadap pendidikan masyarakat dalam mengaplikasikan praktik terbaik lingkungan dan memfasilitasi transformasi industri bangunan global yang berkelanjutan”, papar Widjojo.

Widjojo juga menyampaikan, GBCI bekerjasama dengan para pelaku di sektor bangunan gedung, yang meliputi para profesional di bidang jasa konstruksi, kalangan industri sektor bangunan dan properti, pemerintah melalui sektor BUMN, institusi pendidikan & penelitian, asosiasi profesi, dan masyarakat peduli lingkungan.

Pada kesempatan tersebut, B2TKE menyampaikan aplikasi Sistem Informasi Monitoring Energi (SIME) yang dimiliki. SIME merupakan perangkat yang digunakan untuk melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap konsumsi energi. Dengan SIME, pihak manajemen B2TKE dapat mengupayakan solusi untuk mengefisienkan konsumsi energi, baik dengan mengoptimalkan penggunaan perangkat listrik hemat energi, mengubah pola konsumsi maupun upaya penerapan energi alternatif.

GBCI juga berkesempatan menyambangi fasilitas pengujian Air Conditioner dan Solar Water Heater (SWH). AC dan SWH merupakan perangkat yang mengkonsumsi energi lebih besar dari perangkat listrik lainnya, dengan adanya fasilitas pengujian tersebut, GBCI berharap produk yang beredar di pasaran telah diuji dan memenuhi kriteria hemat energi. (konversi)

spacer

Leave a reply