Training on Application of ISO/IEC 17025:2017 in the Testing Scope of IEC 61215

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, melalui Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE) – BPPT secara resmi telah membuka pelayanan teknis pengujian kualitas modul Photovoltaic (PV) atau panel tenaga surya, dengan  merujuk pada standard SNI IEC 61215:2016.

“Untuk menjamin kualitas PLTS yang terpasang di Indonesia, perlu dilakukan pengujian terhadap komponen sistem PLTS, utamanya adalah modul surya atau PV. Pengujian modul PV ini sudah merupakan kewajiban standar di pasar internasional,” paparnya saat Acara Peresmian Lab Uji Kualitas Modul Surya PV, di Gedung B2TKE-BPPT, Kawasan PUSPIPTEK, Tangsel,

Untuk mendukung kebijakan tersebut jualah, keberadaan fasilitas Laboratorium Uji Kualitas Modul PV BPPT ini, jelas diperlukan. Selama ini pun diakuinya, belum adanya laboratorium pengujian PV ini di Indonesia, menjadi tantangan bagi produsen modul PV nasional. Dari sejumlah produsen modul surya di Indonesia baru dua pabrikan yang produknya sudah mendapat sertifikat IEC 61215.

“Dengan adanya laboratorium pengujian modul PV BPPT ini, akan memberikan nilai tambah bukan hanya untuk BPPT tetapi juga akan berdampak secara nasional bagi seluruh pemangku kepentingan yang bergerak di bidang PLTS, terutama industri, khususnya produsen modul PV,” ujarnya.

Maka pelatihan bagi pegawai yang terlibat di Laboratorium sangatlah utama, maka dari itu MEi 13-17 dilaksanakan lah Training penunjang teknis kerjasama BPPT dengan PTB Germany.

 

spacer

Leave a reply